Senin, 20 Juni 2016

Cara Membuat Dendeng Sapi yang Enak

Dendeng sapi termasuk satu variasi resep daging sapi yang cukup populer, karena citarasanya yang nikmat. Olahan daging yang diiris tipis dan dibumbui ini bisa diolah menjadi dua macam, yakni dendeng basah dan dendeng kering. Dendeng sapi termasuk lauk yang awet dan tidak mudah basi, karena itu sangat cocok untuk stock di meja makan. Bahkan di bulan ramadhan seperti ini, dendeng sapi juga bisa menjadi pilihan lauk yang pas untuk sahur. 
Jika Anda termasuk penggemar olahan dendeng daging sapi, sebaiknya simak tips dan cara membuat dendeng sapi yang enak berikut ini :

Pilih daging yang berkualitas baik

Untuk membuat dendeng, Anda harus memilih daging sapi yang berkualitas baik, misalnya : tidak berurat, tidak berlemak, tidak mudah hancur, dan empuk, misalnya : daging gandik.

Pilih bumbu yang lengkap

Dendneg sapi akan lebih nikmat jika diberi bumbu yang lengkap, yakni : cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, air jeruk nipis, dan bumbu pilihan lainnya. Bumbu tersebut dihaluskan dan dibalurkan secara merata pada dendeng sapi.

Cara memasak yang tepat

Tentukan lebih dulu, Anda mau membuat dendeng basah atau kering Jika dendeng basah, maka  Anda bisa mengiris daging tipis, lalu memarkan dan bumbui. Baru setelah itu goreng hingga kecoklatan. Sementara itu jika dendeng kering, prosesnya hampir sama, hanya saja sebelum digoreng, dendeng sapi yang sudah dibumbui harus dikeringkan dengan panas matahari hingga kering.

Cara Mengeringkan dendeng sapi yang tepat

Selain cara mengeringkan dengan cahaya matahari, Anda juga bisa memilih cara praktis lainnya, yakni : dipanggang ke dalam oven, panci pemanggang, atau yang lainnya.

Goreng dendeng sapi

Setelah proses pengeringan selesai, Anda bisa menggoreng dendeng sapi hingga matang. Agar lebih nikmat, Anda bisa menambahkan bumbu balado pada dendeng sapi.
Ternyata membuat dendeng sapi tidak sesulit yang dibayangkan, bukan?  Setelah memahami cara membuatnya diatas, pastinya Anda akan lebih mudah berkreasi membuat aneka hidangan lezat untuk keluarga tercinta.