Sabtu, 23 Juli 2016

Cara Masak Cumi Agar Empuk dan Mak Nyus

Cumi termasuk satu seafood yang banyak difavoritkan, karena nutrisinya tinggi, rasanya nikmat, dan yang pasti, kita tidak perlu ribet dengan duri saat menikmatinya. Sayangnya masak cumi tidaklah semudah yang dibayangkan, salah langkah akan membuat daging cumi alot dan susah dikunyah. Mungkin tidak semua tahu, apa sich yang menyebabkan daging cumi menjadi keras dan alot? Ternyata penyebabnya adalah proses memasak yang salah sehingga, kandungan protein dalam cumi menjadi padat. Hem, kira-kira bagaimanakah cara masak cumi yang benar agar dagingnya empuk dan Mak Nyus? 

Nah, disini kita akan membagikan trik dan Cara Masak Cumi Agar Empuk dan Mak Nyus, diantaranya :

Masak dalam waktu singkat

Olahan cumi akan menjadi empuk dan lembut apabila kita memasaknya dalam waktu singkat, yakni sekitar 3 menit saja.

Tapi bagaimana kalau masih mentah?

Jika merasa tidak sreg memasak cumi dalam waktu singkat, Anda bisa melanjutkannya hingga 30 menit. Karena proses memasak yang sangat lama juga bisa membuat daging cumi menjadi empuk dan mudah dikunyah.

Segera  rendam kedalam air dingin

Setelah proses perebusan selama 3 atau 30 menit, Anda bsia langsung merendam cumi dalam ar dingin. Hal itu bertujuan untuk menghentikan proses memasak, sehingga keempukan cumi lebih terjaga.

Masukkan cumi pada tahap akhir memasak

Jika Anda memasak cumi dalam sayur berkuah, pastikan masukkan cumi dalam tahap akhir memasak.  Tapi sebelumnya, Anda bisa merebusnya dalam tempat terpisah selama 1 menit saja, baru setelah itu campurkan dalam sayuran/kuah.

Rendam cumi dalam baking soda

Jika Anda ingin membuat cumi goreng yang empuk  dan tidak alot, Anda bisa merendamnya terlebih dulu kedalam larutan baking soda selama 1 jam atau semalaman dan simpan kedalam kulkas agar tidak bau. Setelah itu, cuci hingga bersih dan Anda bisa memasaknya menjadi cumi goreng tepung atau yang lainnya.

Rendam dalam susu segar

Susu segar tidak hanya membantu mengempukkan cumi, tapi juga menambah citarasanya. Rendam cumi utuh atau yang sudah dipotong kedalam susu segar selama 1-2 jam dan simpan dalam kulkas. Baru setelah itu, Anda bisa memasak sesuai selera.
Semoga informasi yang berjudul Cara Masak Cumi Agar Empuk dan Mak Nyus diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.