Kamis, 29 Desember 2016

Cara Membuat Jagung Bakar Enak dan Beraneka Rasa

Bersiap begadang menyambut pergantian tahun? Setiap malam pergantian tahun, umumnya akan diisi dengan acara nongkrong sambil makan-makan atau bakar-bakaran. Ada banyak bahan makanan yang disiapkan dalam acara bakar-bakaran, diantaranya seafood, sosis, ikan maupun bakar jagung. Namun diantara semua alternative bahan tersebut, yang paling banyak diminati adalah jagung bakar. Selain harganya super mudah, jagung bakar memiliki rasa yang enak dan pas banget dikonsumsi saat santai menunggu pergantian tahun. Jagung bakar menjadi lebih istimewa ketika dibumbui beraneka rasa, diantaranya : manis, keju, manis pedas, asam manis, dan lainnya. Namun sayangnya, tak semua orang bisa membuat jagung bakar yang lezat dan beraneka rasa. Padahal untuk membuatnya sangatlah mudah dan praktis loh. 

Ingin tahu bagaimana membuat jagung bakar enak dan beraneka rasa? Simak informasinya berikut ini :

•    Pilih jagung yang pas untuk dibakar

Jagung bakar yang memiliki citarasa nikmat adalah jagung jawa, karena teksturnya lebih padat dan rasanya juga manis guri. Namun jika Anda suka jagung manis, Anda juga bisa memilihnya, tapi tekstur jagung manis umumnya lebuh lunak sehingga bijinya sering tertinggal di tongkolnya.

•    Siapkan alat pembakar

Alat pembakar jagung yang pas adalah yang manual, yakni menggunakan arang batok karena lebih harum dan bercita rasa. Namun jika Anda ingin yang simple, Anda bisa menggunakan double pan atau alat pembakar modern lainnya.

•    Siapkan bumbu yang difavoritkan

Bumbu olesan jagung bakar ada banyak variasinya sehingga Anda bsia memilih mana bumbu yang paling Anda sukai.

    Bumbu jagung bakar manis pedas

Bumbu olesan yang digunakan untuk jagung bakar manis pedas, yakni : margarine, madu, saus sambal dan saus tomat. Campurkan semua bahan, aduk-aduk hingga merata dan jadikan bahan olesan pada jagung yang dibakar.

    Bumbu jagung bakar asin

Bumbu olesan yang digunakan adalah margarine yang dicairkan dan tambahkan madu secukupnya, lalu jadikan bahan olesan ketika membakar jagung. Agar lebih lezat, ketika selesai dibakar, sisir jagung dan tambahkan parutan keju diatasnya.

    Bumbu jagung bakar manis

Bumbu olesan yang digunakan untuk jagung bakar manis  adalah madi dan saus tomat. Lalu tambahkan mentega cair secukupnya dan bakar hingga matang. Untuk mendapatkan rasa manis, maka perbanyak madu.

    Bumbu jagung bakar asam manis pedas

Bumbu yang digunakan dalam variasi ini, antara lain  madu, margarine, saus sambal dan saus tomat.

•    Bakar jagung hingga matang

Saat membakar jagung, jangan lupa bolak-balik hingga matang secara merata. Oleskan bumbu berkali-kali hingga matang dan tercampur rata.
Nah, setelah tahu bagaimana cara membuat jagung bakar yang enak dan beraneka rasa diatas, pasti Anda bisa mulai bersiap-siap bakar jagung di saat-saat special Anda. Semoga bermanfaat yaa!

Artikel keren lainnya
Resep ikan bakar yang lezat dan wangi
Resep ayam bakar pedas manis
Resep udang bakar madu yang lezat
Cara Membuat ayam panggang yang enak dan matang sempurna