Selasa, 27 Desember 2016

Ini Tujuh Bahan Pengganti Mecin dalam Masakan

Apa yang Anda lakukan agar rasa masakan buatan Anda menjadi lebih lezat? Ada banyak cara yang dilakukan untuk membuat masakan semakin lezat, salah satunya dengan menambahkan mecin/MSG. Menambahkan mecin atau MSG seringkali dilakukan saat memasak, karena fungsi Mecin memang menguatkan rasa masakan. Namun tahukah Anda jika Mecin dibuat dari bahan kimia sehingga dapat mengganggu kesehatan tubuh jika dikonsumsi berlebihan atau dalam jangka waktu panjang. Lalu apa yang harus dilakukan, padahal banyak orang merasa kurang puas jika memasak tanpa Mecin? Tidak perlu cemas, karena ternyata ada bahan-bahan alami yang berfungsi menambah kelezatan masakan Anda. Jadi, kita bisa membuat masakan yang lezat meski tanpa penambahan Mecin/MSG.

Kira-kira apa sajakah bahan-bahan pengganti mecin dalam masakan? Agar lebih jelasnya, simak informasinnya berikut ini :

1.    Perpaduan gula dan garam

Untuk mendapatkan rasa leat pada masakan, kita tidak perlu menambahkan mecin. Tapi cukup tambahkan gula pasir secukupnya untuk mengimbangi rasa asin garam. Perpaduan keduanya akan menghadirkan rasa lezat yang menggoda.

2.    Gula merah

Gula merah memiliki rasa manis yang gurih dan lezat, karena itu sangat pas jika ditambahkan dalam masakan. Tambahkan gula merah secukupnya dalam masakan, maka hasilnya pasti masakan akan lebih lezat.

3.    Bawang pre

Menambahkan tumisan bawang pre dalam masakan tidak hanya memberikan aroma harum pada masakan, tapi juga menambah kelezatan. Karena itu, Anda bisa menambahkan irisan bawang pre pada aneka masakan berkuah, misalnya : sup, soto, semur, dan lainnya.

4.    Jamur

Menambahkan jamur dalam masakan memberikan cita rasa tersendiri pada masakan, karena jamur mengandung bahan penyedap alami yang membuat masakan lebih gurih meski tanpa tambahan mecin.

5.    Udang basah/udang kering

Menambahkan udang pada masakan akan memberikan aroma dan rasa yang gurih menggoda. Hal itu karena dalam udang terdapat penyedap alami yang sangat pas untuk setiap masakan.

6.    Kaldu daging/ayam

Menambahkan kaldu daging/ayam pada masakan juga membuat rasa masakan lebih gurih alami meski tanpa Mecin. Anda bisa memilih kaldu cair atau kaldu bubuk dalam masakan.

7.    Saus tomat

Saus tomat tidak hanya memberikan warna indah pada masakan, tapi juga rasa khas yang lezat dan tekstur kental alami. Tapi ingat, gunakan saus tomat yang aman dan tanpa campuran bahan-bahan kimia berbahaya.
Dengan menambahkan diantara 7 bahan pengganti mecin diatas, dijamin masakan buatan Anda akan jauh lebih menggoda. Selamat mencobaa!