Minggu, 28 Mei 2017

Cara Mudah Masak Mutiara yang Matang, Tidak Lengket dan Tidak Hancur

DapurLagi - Mutiara atau yang sering disebut sebagai pacar cina merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan untuk campuran es campur, bubur, pudding maupun aneka kue. Mutiara dibuat dari bahan sagu yang memiliki bentuk bulatan kecil-kecil berwarna putih dan merah dan memiliki tekstur kenyal menggoda ketika sudah direbus. Merebus mutiara bisa dibilang cukup mudah, namun sayangnya tidak semua orang berhasil melakukannya, karena salah langkah akan membuat mutiara jadi mentah didalamnya yang ditandai dengan munculnya bintih putih, mutiara jadi lengket dan hancur tak berbentuk. Resep dan Cara Membuat Ayam Lodho Khas Tulungagung yang Gurih 

cara masak sagu mutiara/tokopedia.com
Alangkah tidak menyenangkan, bukan? Sudah capek-capek memasak, eh hasilnya jadi tidak maksimal. Agar Anda tidak gagal memasak mutiara, sebaiknya simak tips dan cara masak mutiara yang matang, tidak lengket dan tidak hancur berikut ini : Tips dan Cara Mengolah Kolang Kaling yang Empuk, Kenyal, dan Tidak Bau

Didihkan air secukupnya

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendidihkan air secukupnya sesuai dnegan berapa banyak sagu mutiara yang akan dimasak. Pastikan air benar-benar sudah mendidih ya, karena memasukkan mutiara pada saat air belum mendidih akan membuatnya hancur tak terbentuk. Tips Dan Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal, Enak, dan Sehat

Masukkan sagu mutiara

Setelah air benar-benar mendidih, Anda bisa memasukkan sagu mutiara. Anda bisa menambahkan daun pandan agar aroma mutiara jadi harum.

Jangan terlalu sering diaduk

Setelah mutiara dimasukkan, tutup panci dan biarkan selama 10-15 menit. Jangan terlalu sering diaduk-aduk agar mutiara tidak hancur/lengket. Ketika bentuknya sudha mulai mengental, Anda bsia mengaduknya perlahan agar hasilnya jadi berbiji-biji.

Tambahkan 1 gelas air dingin

Setelah mutiara mulai mengental, Anda bisa menambahkan air dingin sebanyak 1-2 gelas. Cara ini dilakukan untuk menyingkat waktu perebusan dan menghindari lengket. Cara ini juga membuat sagu mutiara jadi cepat matang dan berwarna bening transparan. Rebus kembali hingga mendidih.

Matikan apinya dan diamkan dalam kondisi tertutup

Setelah mendidih, Anda bisa matikan apinya dan biarkan sagu mutiara dalam kondisi tertutup hingga dingin. Dijamin mutiara akan matang dan bentuknya indah sempurna.

Tuang air matang

Ketika hendak digunakan, Anda bisa mengambil mutiara ke dalam wadah dan tambahkan air matang agar bentuknya berbiji-biji dan teksturnya sesuai keinginan. Setelah proses ini, Anda bebas mau mengolah mutiara menjadi apa saja, dari mulai es, bubur, pudding dan lainnya.
Ternyata memasak mutiara yang matang sempurna dan tidak lengket serta hancur snagat mudah sekali ya. Semoga informasi diatas dapat menginspirasi Anda semua.

Tags : cara merebus mutiara agar cepat matang, cara memasak mutiara yang benar, cara memasak mutiara agar tidak menggumpal, cara memasak mutiara untuk es, cara memasak sagu mutiara kering, cara membuat mutiara mengembang, cara membuat bubur mutiara mekar, cara memasak biji mutiara