Selasa, 02 Februari 2016

Rahasia Membuat Rempeyek yang Renyah dan Nikmat

DapurLagi - Menikmati nasi pecel, tidak afdol rasanya kalau tidk dibarengi dengan rempeyek yang renyah dan nikmat. Selain itu, rempeyek juga bisa menjadi cemilan atau teman makan pengganti krupuk. Rempeyek biasa dibuat dari adonan tepung yang dipadukan dengan bumbu pilihan serta bahan campuran sesuai selera, kemudian digoreng pada wajan dan minyak panas hingga kering. Bahan campuran yang biasa digunakan dalam rempeyek, antara lain : kacang tanah, kacang kedelai, udang, teri, udang rebon, dan lain sebagainya. Meski terlihat mudah, namun sayangnya tak semua orang berhasil membuat rempeyek yang renyah dan nikmat. Bahkan beberapa orang mengeluh jika rempeyek buatannya keras, mudah melempem, tidak renyah, dan masih banyak keluhan lainnya.

Untuk bisa menikmati rempeyek memang tidak sulit, karena saat ini banyak warung atau penjual makanan yang menyediakan rempeyek dalam kemasan plastik. Meski begitu, alangkah hebatnya jika Anda bisa membuat sendiri rempeyek yang nikmat untuk keluarga tercinta. Ingin tahu caranya? Simak Rahasia Membuat Rempeyek yang Renyah dan Nikmat, berikut ini :

Gunakan tepung beras yang berkualitas

Untuk membuat rempeyek yang renyah dan nikmat, pastikan Anda gunakan tepung beras yang berkualitas. Selain itu, anda juga bisa menambahkan tepung tapioka agar tekstur rempeyek tidak terlalu kasar.

Tambahkan bahan pengempuk

Agar rempeyek buatan Anda memiliki tekstur yang renyah namun empuk (tidak alot, keras, atau kasar), Anda bisa menambahkan bahan-bahan pengempuk alami, misalnya : kemiri, telur, air kapur sirih, daun jeruk, dan lain sebagainya.

Kekentalan adonan yang tepat

Salah satu penentu rempeyek renyah atau kerasnya bisa dilihat dari kekentalan adonan. Agar rempeyek renyah tapi tetap empuk, pastikan buat adonan yang tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer.

Gunakan wajan yang tepat

Wajan yang digunakan untuk membuat rempeyek haruslah tepat agar hasilnya juga lebih optimal. Pilih wajan yang cekung dan pastinya tidak lengket saat digunakan.

Gunakan minyak yang banyak

Agar rempeyek bisa matang sempurna dan renyah, pastikan Anda menggunakan minyak dalam jumlah yang banyak. Siram-siram rempeyek yang menempel pada wajan, niscaya akan lepas sendiri dari wajan.

Resep Rempeyek yang renyah dan nikmat

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan :

350 gr Tepung beras
50 gr Tepung tapioca
250 cc santan kelapa
300 gr kacang tanah, iris-iris
1 butir telur
1 sendok makan air kapur sirih 
5 lembar daun jeruk, buang tangkainya dan iris tipis 
Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

4 siung bawang putih
4 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar 
Garam secukupnya

Cara Membuat Rempeyek

Campurkan bumbu halus, telur ayam, dan air kapur sirih. Aduk-aduk hingga merata
Masukkan kacang tanah, tepung beras, tepung tapioka,air, santan dan irisan daun jeruk. Aduk-aduk hingga merata.
Panaskan minyak goreng. Gunakan sendok dan tuang memutari wajan hingga membentuk lapisan tipis. Goreng dalam api sedang hingga matang dan kering kecoklatan.
Rempeyek yang renyah dan nikmat siap disimpan dalam toples saat sudah dingin.

Baca Artikel Keren Lainnya

RESEP AYAM GORENG CABAI HIJAU