Sabtu, 06 Agustus 2016

Cara Hilangkan Bau Pesing dan rasa Pahit Pada Rebung

Rebung merupakan sayuran yang berasal dari tunas bambu yang masih muda. Rebung termasuk bahan makanan yang kaya akan nutrisi penting dan baik untuk kesehatan, diantaranya : Vitamin A, serat, protein, thianin, kalium, antioksidan, zat besi, fosfor, Vitamin C, dan lainnya. Tekstur yang renyah dan rasanya yang nikmat setelah diolah membuat rebung banyak difavoritkan banyak orang, diantaranya : sebagai isi lumpia, diolah menjadi sayur lodeh, tumis, kare,dan lainnya. Sayangnya mengolah rebung membutuhkan keahlian khusus, jika tidak, maka bau pesing siap merusak nafsu makan Anda. 

Jika Anda termasuk penyuka olahan rebung, sebaiknya simak Cara Hilangkan Bau Pesing Pada Rebung, berikut ini :

Rebus terlebih dulu dan buang airnya

Untuk menghilangkan bau pesing dan rasa pahit pada rebung, Anda bisa merebus rebung terlebih dahulu hingga empuk, kemudian buang airnya. Tiriskan dan guci kembali dengan bersih. Baru dech masak sesuai selera.

Rebus dengan air kelapa.

Selain merebs dnegan air biasa, Anda bisa merebus rebung dnegan air kelapa. Cara ini tidak hanya membantu hilangkan bau pesing dan rasa pahit, tapi juga menambah citarasa tersendiri. Rebus dengan air kelapa hingga empuk, lalu buang airnya dan rebung siap dimasak.

Merendam dengan air kapur sirih

Merendam rebung yang sudah diiris kedalam air kapur sirih akan membantu mempertahankan tekstur rebung dan pastinya meminimalisir bau pesing.

Rendam dengan air garam

cara lain yang bsia dilakukan untuk hilangkan rasa pahit dan bau pesing yakni : merendam rebung mentah pada air garam selama 30 menit – 1 jam. Setelah itu, Anda bisa merebusnya sebentar dan tiriskan. Baru rebung siap diolah menjadi aneka hidangan lezat.

Rebus dengan daun jeruk dan salam

Cara sederhana lainnya untuk hilangkan bau pesing pada  rebung adalah dengan merebusnya bersama daun jeruk dan daun salam hingga empuk. Lalu buang airnya dan rebung siap diolah menjadi aneka masakan.

Mengukus rebung

Jika And atidak cocok dengan cara yang disebutkan diatas, ada satu cara terakhir yang mudah dan cepat, yakni : mengukus rebung. Mengukus juga bsia meminimalisir bau pesing dan pastinya menghilangkan rasa pahitnya.
Setelah membaca tips menghilangkan rasa pahit dan bau pesing pada rebung diatas, pastinya Anda akan lebih bersemangat lagi dalam mengolah rebung yang kaya khasiat untuk keluarga tercinta.
tag :
aneka masakan rebung resepi masakan rebung resepi rebung resep sayur rebung tumis cara memasak rebung agar tidak pahit resep masak rebung tanpa santan resep rebung santan resepi rebung masak lemak ikan masin