Kamis, 20 April 2017

Cara Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket, Meletus, dan Hancur

DapurLagi - Mau masak ikan sendiri di rumah, tapi kok trauma karena banyak sekali masalah yang harus dihadapi saat menggoreng ikan, dari mulai terciprat minyak, ikan lengket, hancur atau bahkan tidak matang sempurna. Sudah ribet, hasilnya juga kurang menarik karena ikan tidak berbentuk akibat lengket dan hancur saat digoreng. Tidak perlu trauma, karena dengan trik tertentu, Anda bisa memasak ikan goreng dengan hasil sempurna. Ketika melihat hasil gorengan ikan yang utuh, kering dan matang sempurna, pastilah Anda akan semakin berselera menikmatinya, bukan? Ingin tahu bagaimana triknya, simak langsung yuk cara menggoreng ikan agar tidak lengket, meletus dan hancur, berikut ini : Cara Membuat Selai Nanas yang Enak dan Sehat
agar ikan goreng tidak lengket dan muncrat/http://www.mevacon.com.vn

Gunakan wajan yang bersih dan kering

Sebelum mulai menggoreng ikan, pastikan siapkan wajan yang bersih dan kering. Satu lagi, hindari menggunakan wajan bekas memasak makanan berbumbu atau yang sisanya masih melekat di wajan, karena ini bisa jadi pemicu ikan lengket dan hancur saat dimasak.  Resep dan Cara Membuat Sambal Goreng Kerang Tempe Enak Pedas

Hindari menggunakan bumbu berlebihan pada ikan goreng

Untuk menghindari lengket dan warna ikan yang kurang bagus, hindari menggunakan bumbu berlebihan saat menggoreng ikan. Bumbu berlebihan tidak hanya membuat ikan lengket, tapi juga minyak cepat kotor. Cukup gunakan bumbu celupan yang simple dan minimalis saja pada ikan, misalnya : ketumbar, jahe, kunyit, bawang putih dan garam. Cara Menyimpan Tahu Agar Tidak Berjamur, Busuk, dan Tahan Lebih Lama

Tuang minyak pada saat tepat

Jika biasanya Anda menuang minyak pada saat memanaskan wajan, maka saat menggoreng ikan, Anda harus menunggu wajan panas baru dech tuang minyaknya. Kenapa demikian? Karena wajan dingin membuat ikan mudah lengket.

Goreng dalam minyak banyak

Menggoreng ikan dalam minyak banyak akan membuat ikan mengembang dan tidak menyentuh bagian dasar penggorengan. Selain itu, minyak banyak juga membuat ikan lebih cepat matang dan kering sempurna.

Tambahkan tepung pada penggorengan

Menambahkan 1-2 sendok tepung sebelum memasukkan ikan juga bisa menjadi solusi untuk mencegah ikan lengket dan hancur saat dibalik karena tepung membantu menyerap kadar air dalam ikan.

Alasi dengan daun pisang

Selain menambahkan tepung, Anda juga bisa mencoba alternative lain, yakni mengalasi ikan dengan daun pisang, karena dijamin tidak akan membuat ikan lengket dan hancur saat dimasak.

Celupkan kocokan telur

Untuk ikan tanpa duri atau duri lunak, Anda bisa mencelupkan pada kocokan telur. Cara ini dijamin akan mencegah ikan lengket atau hancur saat digoreng.

Masak dalam api sedang

Agar hasil gorengan matang sempurna dan cantik, pastikan masak ikan dalam api sedang. Api besar akan membuat ikan lebih cepat gorong, sementara api kecil akan membuat ikan jadi lembek atau lengket.

Balik ikan pada waktu yang tepat

Hindari membolak-balik ikan karena akan membuatnya hancur. Pastikan balik ikan sesekali setelah benar-benar kering pada sisinya.

Tambahkan bahan ini agar tidak terciprat minyak

Agar minyak tidak muncrat saat menggoreng ikan, Anda bsia mengantisipasinya dnegan cara menambahkan beberapa bahan pilihan, yang diantaranya : irisan jeruk nipis, garam dapur, irisan jahe atau bisa juga menambahkan tepung.
Dengan membaca tips dan Cara Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket, Meletus, dan Hancur diatas, dijamin ikan goreng hasil masakan Anda akan jauh lebih menggoda. Semoga bermanfaat dan selamat mencobaa!

Tags : bumbu menggoreng ikan, cara menggoreng ikan lele agar tidak meletus, cara mengatasi wajan lengket, cara goreng ikan lele, tips menggoreng ikan supaya garing, tips goreng ikan tidak lengket di wajan, cara menggoreng lele agar lurus, cara menggoreng ikan tongkol