Rabu, 04 Oktober 2017

Tips dan Cara Menghilangkan Kerak Membandel Pada Panci dan Wajan

DapurLagi - Memiliki panci, wajan atau alat masak yang bersih seperti baru, pastilah membuat kita semakin semangat memasak. Beda jika panci dan alat masak kita menghitam dan berkerak, pastilah malas untuk menggunakannya. Namun sayangnya, panci atau wajan yang digunakan terus menerus bisa berubah warnanya menjadi kecokelatan, kehitaman atau berkerak. Lalu apakah kita harus membuang panci/wajan berkerak dan menggantinya dnegan yang baru?  Tidak perlu, karena dengan tips tertentu, panci dan wajan yang hitam dan berkerak bisa diatasi dengan mudah. Ingin tahu bagaimana cara mengatasi panci dan wajan menghitam serta berkerak? Simak langsung tips dan caranya berikut ini : Banyak Saus Campur Zat Kimia Berbahaya? Ini Tips Cara Membuat Saus Tomat Sendiri Di Rumah
wajan gosong/Rooang.com

Hindari membersihkan panci/wajan dengan benda logam

Jangan memaksa membersihkan kerak membandel menggunakan benda logam, misalnya : sendok atau pisau. Disarankan agar direndam dulu hingga kotoran melunak, baru kemudian bersihkan dengan sabut atau spon pencuci piring.

Gunakan larutan cuka dan soda kue

Campurkan air mendidih dengan cuka dan bubuk soda kue, kemudian rendam panci yang gosong dan berkerak selama 15 menit, kemudian gunakan sabut cuci untuk menghilangkan kerak. kemudian cuci seperti biasa menggunakan sabun pencuci piring.

Lakukan Ini agar Panci/wajan tidak berkerak/gosong

Upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah panci berkerak/gosong, yakni : gunakan panci dalam kondisi kering atau tidak ada tetesan sisa kuah, minyak goreng atau yang lainnya, jangan masak yang melebihi kapasitas agar tidak sampai tumpah/merembes di pinggir panci, selalu cuci bagian luar maupun dalam panci setiap habis digunakan.

Campuran lemon dan baking soda

Campuran kedua bahanini juga bisa membantu merontokkan kerak membandel dan gosong pada panci / wajan. Caranya, rendam panci dengan air hangat selama 20 menit, lalu gunakan sabut yang sudah dicelupkan pada campuran lemon dan baking soda serta sabun pencuci piring.
Ternyata  membersihkan panci atau wajan berkerak dan gosong tidaklah sulit, karena dengan bahan-bahan sederhana yang ada di sekitar kita, semuanya bisa beres. Semoga informasi  diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.