Selasa, 10 November 2015

Cara Masak Ayam Kampung Agar Cepat Empuk dan Nikmat

Ingin memasak ayam kampung, tapi kapok karena hasilnya seringkali lebih alot, keras dan kurang nikmat. Umumnya ayam kampung memang memiliki tekstur yang lebih keras dibandingkan ayam broiler dan rendah lemak karena proses pemeliharaannya dengan cara alami. Namun alasan tersebut tetaplah tidak menghalangi pecinta ayam untuk memilih ayam kampung, karena jika dibandingkan ayam broiler, tentu ayam kampung lebih baik untuk kesehatan tubuh jangka panjang. Tapi bagaimana dengan tekstur yang keras dan alot tersebut? Tenang saja, karena dengan sedikit trik cerdas, daging ayam kampung bisa lebih empuk dan lebih gurih sehingga bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan.
Cara-Masak-Ayam-Kampung-Agar-Cepat-Empuk-dan-Nikmat
sumber gambar : de Volkskrant
Hem,daripada penasaran, mending simak cara masak ayam kampung agar cepat empuk dan nikmat berikut ini :
Pilih ayam kampung yang agak muda
Memilih ayam merupakan salah satu yang harus diperhatikan agar olahan ayam kampung Anda jadi lebih empuk dan gurih.  Pilih ayam yang agak muda, karena selain dagingnya tidak terlalu keras juga rasanya jauh lebih lezat.

Tusuk-tusuk/pukul dagingnya dan rendam dengan bumbu (marinade)
Cara lain yang bisa Anda lakukan agar ayam kampung menjadi empuk dan bumbunya meresap kuat adalah dengan menusuk daging ayam menggunakan garpu/memukul, kemudian merendamnya kedalam bumbu pilihan selama beberapa jam, baru kemudian ayam siap diolaah.

Rebus ayam dengan bahan pengempuk
Ternyata banyak bahan-bahan alami yang berkhasiat mengempukkan daging ayam kampung. Apa sajakah itu? Simak aja yuk…
a.       Pepaya muda
Tambahkan potongan pepaya muda ke dalam air rebusan ayam kampung dan rebus hingga empuk. Jangan khawatir dengan rasanya ya, karena tidak akan merusak rasa daging ayam maupun kaldunya.
b.      Tebu
Selain pepaya muda, Anda bisa menambahkan potongan tebu ke dalam air rebusan ayam. Rebus hingga ayam empuk, dijamin dech rasanya tidak kalah empuknya dari ayam broiler.
c.       Rebus ayam kampung dengan air kelapa
Merebus ayam kampung menggunakan air kelapa tidak hanya membuatnya cepat empuk, tapi juga menambah citarasa ayam mejadi lebih gurih dan nikmat.

Rebus dengan panci presto
Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengempukkan ayam kampung adalah dengan merebus menggunakan panci presto. Waktu perebusan juga tidak butuh waktu lama loh… kira-kira 20 menit dari mulai berbunyi.
Hem, ternyata untuk mengempukkan ayam kampung tidaklah sesulit yang dibayangkaan ya? Semoga informasi yang berjudul Cara Masak Ayam Kampung Agar Cepat Empuk dan Nikmat diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.